Selasa, 27 April 2010

Perbandingan Antara Unix dengan Java OS

UNIX

Unix atau UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.
Sistem operasi Unix digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation. Arsitektur Unix dan model client/server merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.


SEJARAH (1960 dan 1970)

Pada tahun 1960, Massachusetts Institute of Technology, AT&T Bell Labs, and General Electric bekerja dalam sebuah sistem operasi eksprimental yang disebut Multics (Multiplexed Information and Computing Service).


APLIKASI

Banyak aplikasi-aplikasi dalam sistem operasi lain yang awalnya lahir dalam lingkungan sistem operasi Unix. Salah satu contoh aplikasi yang dimaksud misalnya adalah gnuplot.


UNIX DI INDONESIA

Di Indonesia Unix digunakan sebagai Server aplikasi, produk yang beredar di pasaran antara lain IBM AIX, HP UX, Sun Solaris. Masing-masing produk ini umumnya memiliki pasar tersendiri seperti Sun Solaris yang digunakan pada operator telekomunikasi selular, HP UX pada manufaktur dan distribusi. Fungsi Unix sebagai workstation kurang populer mengingat harganya yang mahal.


JENIS-JENIS UNIX

UNIX adalah sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh banyak pihak. Setiap pihak yang mengembangkan UNIX, menambahkan teknologi miliknya ke dalam UNIX, yang meskipun hal itu di luar standar, mampu menjadikan sistem operasi UNIX lebih kuat atau lebih andal. Tabel berikut menyebutkan beberapa jenis-jenis UNIX.


NAMA VARIAN UNIX

1. A/UX - Apple Computer
2. Domain X - Apple Computer
3. Darwin - Apple Computer (modifikasi yg dilakukan oleh Apple dari kernel BSD dan diaplikasikan pada Mac OS/X)
4. CTIX - Convergent Technology
5. Distrik - Convergent Technology
6. UniCOS - Cray Research
7. DG/UX - Data General Corporation
8. Digital UNIX - Digital Equipment Corporation (DEC)
9. Ultrix - Digital Equipment Corporation (DEC)
10. CLIX - Fairchild Company

Dan masih banyak lagi.


JAVA OS

JavaOS adalah sistem operasi dengan Java virtual machine sebagai komponen fundamental. Hal ini dikembangkan oleh Sun Microsystems. Tidak seperti Windows, Mac OS, Unix atau Unix seperti sistem terutama yang ditulis dalam bahasa pemrograman C, JavaOS ini ditulis terutama di Pulau Jawa. Pada 2006, Minggu mempertimbangkan JavaOS sebuah warisan sistem.


DESAIN

Sistem ini didasarkan pada arsitektur perangkat keras asli microkernel. Java virtual machine berjalan di atas microkernel.
Platform yang berjalan di kernel termasuk:

- ARM
- PowerPC
- SPARC
- Besi
- x86

Semua driver perangkat ditulis di Jawa dan dijalankan oleh mesin virtual. J grafis dan sistem windowing, pelaksanaan AWT API juga ditulis dalam bahasa Jawa.


APLIKASI

JavaOS dirancang untuk berjalan pada sistem embedded dan aplikasi dalam perangkat seperti set top box, jaringan infrastruktur dan ATM. Ada juga sistem operasi yang datang dengan JavaStation.


MASA DEPAN

Minggu sekarang resmi yang menganggap JavaOS legacy sistem dan merekomendasikan migrasi ke Java ME. [1] Hal ini dengan sendirinya akan tetapi bukan merupakan pengganti penuh, seperti Java ME adalah API spesifikasi yang berjalan di atas sistem operasi, dan tidak dioperasikan sistem itu sendiri.


Sumber : Wikipedia bahasa Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar